Koleksi Elektronik
Upaya peningkatan ekspor sektor usaha mikro, kecil dan menengah melalui peningkatan daya saing produk
Kemampuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bertahan di tengah globalisasi dan liberalisasi perdagangan dunia sangat penting untuk Indonesia karena setidaknya ada dua alasan. Pertama, UKM secara historis menjadi salah satu pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia, terhitung lebih dari 90 persen dari semua perusahaan di seluruh sektor dan menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 90 persen dari total angkatan kerja negara itu. Kedua, rezim perdagangan Indonesia telah bergeser secara signifikan dari pasar yang sangat dilindungi menjadi sistem ekonomi yang lebih terbuka. Dengan berfokus pada UKM di Indonesia, makalah ini menganalisis bagaimana meningkatkan permintaan daya beli dari negara lain, dan upaya pemerintah menyediakan infra-struktur yang lebih baik dari, standardisasi produk, dan good governace untuk UKM yang sangat penting untuk diterapkan. Hal ini juga, pemerintah, khususnya di tingkat kabupaten (misalnya provinsi atau kota), memiliki peran terbaik untuk bermain, seperti dengan memberikan bantuan teknis, informasi, pinjaman lunak, serta memfasilitasi kerjasama antara UKM dan universitas lokal, lembaga penelitian dan pengembanagan, dan asosiasi bisnis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain