Koleksi Elektronik
Politik Uang di Indonesia: Patronase dan Klientelisme pada Pemilu Legislatif 2014
Buku berjudul Politik Uang di Indonesia karya Maschuri Mashab ini didasarkan pada penelitian yang intensif dengan topik "Dinamika Elektoral dalam Pemilu Legislatif Tahun 2014 di Indonesia". Buku ini mengeksplorasi pola kampanye pemilu, bentuk relasi caleg dengan pemilih, bagaimana bentuk relasi itu diperlancar oleh patronase dan dibentuk oleh klientelisme, dan bagaimana para caleg menggunakan mekanisme, jaringan, dan teknik tertentu untuk meraih sebanyak-banyaknya suara pemilih. Buku ini didalamnya juga menjelaskan bahwa patronase dan klientelisme menjadi strategi kampanye yang dipilih oleh hampir semua caleg. Patronase diantaranya diwujudkan dalam bentuk pembelian suara, pemberian barang kepada kelompok-kelompok tertentu, penyediaan beragam pelayanan sosial, dan pemanfaatan dana publik untuk kepentingan elektoral.
Tidak tersedia versi lain