Koleksi Elektronik
Kiat Bangun Bisnis Lewat Perencanaan dan Anggaran
Strategi Manajemen, mengatakan : “pada hakekatnya, suatu organisasi adalah seperti organisme hidup. Dia harus menyesuaikan diri untuk bisa tetap hidup”. Kebanyakan perusahaan yang tumbang dan berguguran di tengah jalan, satu dan lain hal disebabkan karena tidak memiliki konsep bisnis yang jelas, sejak mulai merintis sampai bisnis beroperasi. Memang ada sebagian pebisnis yang menafikan bahwa tanpa konsep pun bisnis tetap jalan. Yang penting, kata mereka, ada kemauan dan modal. Mereka lupa bahwa ada juga pebisnis yang hanya punya kemauan dan modal pun gulung tikar di tengah jalan. Ternyata kemauan dan modal pun belum cukup untuk membangun bisnis yang tangguh. Bisnis pun bisa jalan walau tanpa konsep, kata sebagian orang. Mereka juga lupa, jalan itu banyak macamnya, ada jalan terseok-seok, merambat, mengesot, merayap, dan seterusnya. Kalau memang seperti itu, kapan sampainya ke tujuan. Sedangkan dalam bisnis yang diperlukan adalah kecepatan, bukan jalan, tapi lari sekencang- kencangnya meninggalkan pesaing agar tidak terkejar. “Bisnis itu seperti perang”, tulis Jenderal Robert E. Wood, Direktur Utama perusahaan raksasa Sears, Roebuck & Co pada tahun 1920-an. Keadaan di atas adalah salah satu diantara yang menjadi latar belakang hadirnya buku ini. Berdasarkan pengalaman, Penulis banyak temukan kelemahan perusahaan nasional, baik skala kecil, menengah bahkan tidak terkecuali perusahaan besar sekali pun, tidak merumuskan apa yang menjadi keinginan perusahaan ke dalam perencanaan strategik yang dapat diterapkan (implementatif). Sehingga tidak mengherankan bila dalam bisnis operasionalnya sering kali mengalami masalah dan kendala yang sukar diatasi. Contoh terbaru ada di perusahaan penerbangan Batavia Air, Awair, Adam Air, dan dulu Sempati Air.
Tidak tersedia versi lain