Electronic Resource
Optimalisasi pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat pada Sekretariat Komisi III DPR RI melalui pemanfaatan layanan digital yang tersedia di Lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI
Upaya Pemerintah untuk mewujudkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) merupakan tantangan tersendiri bagi seluruh elemen Pemerintah di Indonesia. Kemajuan teknologi melalui digitalisasi di berbagai aspek sedikit banyak memberikan dampak bagi pelayanan publik yang dilakukan oleh elemen negara, baik pada kamar eksekutif, kamar legislatif, maupun kamar yudikatif. Tuntutan yang tinggi terhadap pelayanan publik yang semakin berkualitas kemudian mendorong banyak pihak untuk melakukan digitalisasi, termasuk pada jajaran Setjen DPR RI. Dalam pelayanan terhadap penyampaian aspirasi dan pengaduan masyarakat kepada DPR RI, saat ini telah ada aplikasi yang digunakan untuk meningkatkan layanan pengelolaan terhadap kedua hal tersebut yang dikenal dengan nama SiDumas (Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat). Hadirnya SiDumas merupakan wujud nyata Setjen DPR RI dalam menjawab tantangan jaman digitalisasi saat ini sekaligus pelaksanaan SPBE. Namun demikian hadirnya SiDumas tidak langsung menyelesaikan berbagai problematika dalam pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat di lingkungan Setjen DPR RI. Salah satunya adalah terkait proses bisnis pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada Sekretariat AKD, khususnya dalam hal ini Setkom III yang merupakan penerima dokumen aspirasi dan pengaduan masyarakat paling banyak. Belum adanya proses bisnis ini menjadikan kinerja Setkom III dalam pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat menjadi tidak tepat dan tidak terukur. Hal ini secara tidak langsung juga berdampak pada nilai kepuasan publik terhadap layanan Setjen DPR RI. Penulis berharap proses bisnis yang disusun melalui laporan aksi perubahan ini dapat menjawab tantangan tersebut diatas sekaligus menjadi katalisator dalam upaya meningkatkan nilai kepuasan publik terhadap layanan Setjen DPR RI, khususnya dalam pengelolaan aspirasi dan pengaduan masyarakat. Penulis juga berharap langkah-langkah yang telah disusun dalam laporan aksi perubahan ini juga dapat terlaksana dengan baik dan tanpa halangan yang berarti. Penulis membuka diri secara luas terhadap berbagai masukan, saran, dan kritik selama pelaksanaan laporan aksi perubahan ini nantinya agar tujuan yang ingin dicapai dapat terwujud dengan sempurna.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain