Electronic Resource
Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Srikandi dalam Pengelolaan Tata Persuratan pada Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi NTB
Dalam menghadapi tantangan dalam pengelolaan tata persuratan, pada kantor Perwakilan DPD RI Provinsi NTB beranjak dari latar belakang bahwa tugas dan fungsi Jabatan yang saat ini diemban mempunyai tugas melakukan urusan kepegawaian, tata persuratan, arsip dan dokumentasi, pengelolaan urusan perlengkapan, rumah tangga, pemeliharaan dan pengamanan, hal ini menjadi factor utama dalam permasalahan tata persuratankhususnya semua tentang surat-menyurat dengan cara manual. Setiap kali ada komunikasi tertulis yang perlu kami lakukan, kami harus mencetak suratnya, mengisinya, dan kemudian mengirimkannya melalui pos atau pengantar dokumen. Dan tentu harus menyimpan semua dokumen fisik ini dalam lemari arsip dan mengatur mereka secara manual. Proses ini seringkali memakan banyak waktu, dan sering menghadapi masalah dalam mencari dokumen tertentu. Selain itu, kami harus berurusan dengan risiko kehilangan dokumen karena berbagai alasan. Semua ini membuat tata persuratan kami menjadi tidak efisien dan rentan terhadap kesalahan. Disamping itu surat fisik perlu dikirimkan dan diterima secara fisik, proses komunikasi bisa menjadi lebih lambat dan tidak efisien, masalah yang lainnya mencari dokumen tertentu atau mengakses informasi dari dokumen yang tersimpan dalam bentuk fisik memakan waktu dan tenaga dan sistem manual sering kali menghasilkan konsumsi kertas yang tinggi, yang dapat menjadi tidak ramah lingkungan. Oleh karenanya dengan berawal dari permasalahan yang disebutkan diatas menjadikan tujuan utama dari tindakan perubahan ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, kecepatan, dan akurasi dalam pengelolaan tata persuratan di Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi NTB melalui optimalisasi penggunaan Aplikasi Srikandi melalalui berbagai tata cara peningkatan keterampilan, integrasi aplikasi srikandi dengan prosedut kerja, pemantauan evaluasi dan sebagainya dengan harapan pada aksi perubahan ini dapat meningkatkan efisiensi dalam penggunaan Aplikasi SRIKANDI akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari dan mengelola dokumen, sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Disamping itu peningkatan Layanan, dengan pengelolaan tata persuratan yang lebih baik, Kantor Perwakilan DPD RI Provinsi NTB dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada Anggota DPD RI dan masyarakat dan pemangku kepentingan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain