Aksi perubahan di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, dengan inisiatif "CUTI'E Pegawai," bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan cuti pegawai melalui pendekatan digital. Latar belakang perubahan ini adalah kekurangan data laporan cuti yang akurat dan real-time, yang menghambat proses pemantauan kinerja. Ini disebabkan oleh ket…
Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah penggerak utama dalam merumuskan hingga mengimplementasikan kegiatan di berbagai sektor pembangunan di Indonesia. Hal tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia yang tertuang dalam UUD 1945. Mengacu kepada Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN, ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil dan pega…
Aparatur Sipil Negara yang selanjutnya disingkat ASN adalah profesi bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang bekerja pada instansi pemerintah. Sebagai pegawai pemerintah, ASN memiliki tugas melaksanakan kebijakan publik yang dibuat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan pelayanan publik yan…
Subbagian Perjalanan Dinas Sekretariat Jenderal menghadapi beberapa kendala dalam administrasi perjalanan dinas, seperti kurangnya teknologi digital, integrasi yang belum optimal, kurangnya Sumber Daya Manusia, dan kekurangan database terpusat. Untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pengguna, direncanakan pengembangan integrasi administrasi perjalanan dinas ke dalam Aplikasi ALADIN dengan …
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan publik satuan PAM DPR RI di wilayah Rumah Jabatan Anggota dan Wisma DPR RI yang di Lakukan masih manual ke dalam pelayanan publik digital. Dengan pemanfaatan teknologi informasi menjadi sebuah keharusan , agar pelaksanaan pekerjaan dan pelayanan publik dapat tetap berjalan dalam mendukung kegiatan organisasi, dengan tujuan…
Dalam era digital yang terus berkembang, pengelolaan berkas hasil rapat yang efisien dan efektif menjadi semakin penting, terutama bagi lembaga publik seperti Sekretariat Badan Akuntabilitas Publik (BAP) DPD RI. Proyek ini bertujuan untuk mengoptimalkan manajemen berkas hasil rapat dengan mengimplementasikan sistem berbasis digital yang terintegrasi. Melalui analisis kebutuhan, pemilihan platfo…
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan perubahan di segala aspek kehidupan. Begitu pula dengan dokumen yang dahulunya merupakan kertas namun sekarang berkembang menjadi dokumen yang terjadi dalam bentuk digital. Banyak pihak yang sudah menggunakan media elektronik dalam menyimpan dan mengelola dokumen yang dimilikinya. Proyek perubahan yang dilakukan oleh Tata Usaha Pusat Penel…
Perubahan yang dilakukan adalah menyimpan dokumen dengan aplikasi dari berupa fisik dokumen menjadi pola kerja yang menggunakan “file database” yang dapat membantu proses pencarian dokumen secara cepat dan tepat. Tujuan proyek perubahan ini adalah memperbaiki cara pengelolaab berkas yang semula hanya dikelola dalam bentuk fisik, dirubah menjadi sistem digital sehingga dokumen menjadi terken…
Penulis Aksi Perubahan Digitalisasi Informasi Pembiayaan Sekretariat Jenderal DPD RI (SipSetjen) guna mewujudkan pelayanan prima Subbagian Perbendaharaan Belanja Sekretariat Jenderal dengan berbasis website, pelayanan yang sebelumnya konvensional bertransformasi ke digital dengan pemanfaatan teknologi yang merupakan aktualisasi dari hasil pembelajaran sebagai peserta Pendidikan dan Pelatihan Ke…
Aksi perubahan dalam Optimalisasi Pengelolaan Dukungan Bahan Rapat secara digital melalui aplikasi Silaura BK di Set Badan Kehormatan merupakan suatu bentuk pelayanan bagian rapat untuk mempermudah menemukan kembali dokumen penting sebagai data dukung dalam pengambilan keputusan khususnya pada rapat Pimpinan yang membutuhkan data otentik. Oleh karena itu kami membutuhkan tata kelola penyi…
Pengelolaan dokumen keuangan merupakan salah satu aspek penting dalam manajemen keuangan sebuah organisasi atau perusahaan. Dokumen keuangan mencakup berbagai jenis dokumen yang berhubungan dengan aktivitas keuangan, seperti laporan keuangan, faktur, kwitansi, surat-surat perjanjian keuangan, dan lain sebagainya. Pengelolaan dokumen keuangan yang baik akan membantu memastikan transparansi, akur…