Pengalaman empirik menunjukkan bahwa banyak diantara orang yang telah menempuh pendidikan sarjana, menyatakan dirinya mampu dan layak menjadi guru meskipun bukan seorang sarjana pendidikan. Mereka berdalih bahwa banyak juga sarjana pendidikan justru tidak pandai atau tidak mampu menjadi guru. Pandangan seperti ini bagi mereka yang bukan sarjana pendidikan tentu wajar saja, tetapi bagaimana deng…
Bagai pelita penerang dalam gulita, guru membawa ilmu kepada murid-muridnya. Simak kisah silas wartandu di pedalaman manokwari yang sudah tidk percaya pada janji-janji pemerintah. "Kalau tunggu pemerintah, kapan anak-anak ini bisa mendapatkan pendidikan," katanya.
Undang-undang ini disahkan dan diundangkan di Jakarta 30 Desember 2005 dalam Lembaran Negara Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Nomor 4586 merupakan undang-undang yang dibentuk untuk peningkatan mutu guru dan dosen secara terencana, terarah, dan berkesinambungan dalam rangka pembangunan nasional di bidang pendidikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia ya…
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 16, Nomor 4 Juli 2010 berisi artikel-artikel di bidang pendidikan dan kebudayaan yang antara lain membahas pengembangan progroam pendidikan anak usia dini (PAUD) (J.M. Tedjawati); Pengaruh diskrepansi harapan-persepsi pengembangan/pemeliharaan SDM terhadap kepuasan kerja dan komitmen guru sekolah dasar (Dadang Dahlan); Analisis hubungan perilaku pemeliharaa…
Secara hakiki, pendidikan dipandang bermutu, diukur dari kedudukannya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kebudayaan nasional Buku ini akan menguraikan arti pendidikan, unsure-unsur pendidikan, beberapa indicator yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan untuk membawa anak menjadi insane kamil atau manusia paripurna..
Jurnal ini berisi artikel-artikel pendidikan dengan topik-topik pendidikan karakter ((Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia, Sabar Budi Raharjo), ; Kajian kebutuhan peningkatan kompetensi mengajar guru (Mahdiansyah); Portofolio demi sertifikasi guru, harapan atau impian (Suke Sliverus).
Guru sebagai pendidik adalah tenaga profesional sebagaimana dalam Undang-undang system pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003, bab XI, pasal 39, ayat 2 bertugas merencanakan san melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi. Sesungguhny…