Indonesia kaya dengan berbagai mineral, batuan, fosil, bentang alam, dan proses geologi di berbagai pulau, termasuk rangkaian gunung api yang dikenal dengan istilah keragaman geologi (geodiversity). Hal tersebut merupakan potensi yang bisa dikembangkan, seperti mengaitkan dengan pariwisata. Potensi wisata yang dapat dikembangkan dari kekayaan alam tersebut adalah geowisata. Geowisata merupakan …
Banda Neira amat terkenal di dunia pengelana karena memang menyimpan sejuta kekayaan sejarah, kekayaan pariwisata, dan kearifan local yang tiada tara. Orang Banda (Bandanese) dengan kearifan lokalnya, merupakan subkultur masyarakat Maluku yang unik dan dinamis, bagian dari kultur Melayu yang luas dan Melayu Ambon yang khas dari masa ke masa telah menorah sejarah yang panjang. Mereka bukan saj…
Beberapa tahun belakangan ini persaingan usaha tour & travel terasa semakin hari semakin sulit. Disertai dengan kemajuan teknologi yang demikian cepat membuat para pemain lama industri tour & travel makin pusing. Strategi klasik menurunkan profit margin dan menekan biaya operasional juga tidak banyak berdampak.
This book is intended to inspire those who wish to enjoy the Island of Gods. Author express deepest gratitude to Bali Tourism Board (BTB); Bali Villa Association; Bali Hotels Association, and Bali Alternative Media (BAM) for their help in producing this book.
Buku ini menyajikan 17 destinasi utama, yang mewakili Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Tidak hanya tempat-tempat yang biasa dikunjungi penyelam profesional dan para peselancar, buku ini pun memuat destinasi yang kerap disambangi pelancong biasa untuk sekedar berlibur menikmati pemandangan pantai, pulau, dan laut. Selain itu, pada bagian direktori, bu…
Buku ini merupakan Naskah Akademik Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pariwisata. Penyusunan Naskah Akademik ini dimaksudkan untuk memberikan justifikasi akademik terhadap Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 yang sudah berusia 16 tahun. Periode yang cukup panjang karena selama kurun waktu tersebut sudah terjadi berbagai perubahan lingkungan strategis pariwisata Indonesia. Dunia pariwisata globa…
Dalam visi Indonesia 2005, industri pariwisata ditargetkan sebagai devisa utama. Sejauh ini, untuk memenuhi tujuan ini, beberapa kendala, terutama penyebaran lokasi wisata, harus ditangani. Potensi daerah untuk menarik wisatawan asing belum maksimal dimanfaatkan. Pada artikel ini, kebijakan terakhir penulis berurusan dengan pengembangan pariwisata daerah.
Undang-Undang ini disahkan dan diundangkan di Jakarta tanggal 16 Januari 2009 dalam Lembaran Negara nomor 11, Tambahan Lembaran Negara nomor 4966 merupakan Undang-Undang yang dibuat untuk mengganti Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1990 tentang Kepariwisataan yang tidak sesuai dengan tuntutan dan perkembangan kepariwisataan. Materi yang diatur dalam Undang-Undang ini meliputi antara lain hak dan kewa…