Buku ini merupakan salah satu referensi penting yang dapat dijadikan acuan mata kuliah pengelolaan pendidikan. Terdiri dari tiga belas bab pembahasan berisi mengenai bagaimana administrasi pendidikan berkembang dari masa ke masa, pelaku pendidikan berbuat dan bertindak, mengarahkan dan membimbing siapa saja dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan.
Buku ini berasal dari berbagai tulisan (saduran yang dikritisi dan tulisan asli) yang disusun dan disampaikan penulis dalam berbagai kesempatan. Tulisan tersebut dibuat pada rentang waktu tahun 2000-2012, meski ada tulisan lama, artinya sudah berusia lebih dari sepuluh tahun, tapi sbstansi tulisan itu masih terasa aktual dan relevan dengan permasalahan kepemimpinan pendidikan saat ini.
Pendidikn sebagai ujung tombak dalam proses pembangunan bangsa menempati posisi yang sangat strategis. Namun demikian, berbagai tantangan dan kendala dihadapi oleh dunia pendidikan, semakin hari semakin meningkat. Pendidikan yang bermutu, relevan, efektif dan efisien menjadi dambaan setiap pengelola pendidikan. Pendidikan juga dihadapkan pada berbagai tantangan sebagai akibat dari kemajuan ilmu…
Buku ini mengetengahkan kajian acara holistik, teoretis dan aplikasi kebijakan pendidikan dalam prespektif kekinian sebagai upaya merangsang pemikiran cerdas berkenaan dengan cita-cita, komitmen, dan konsistensi penyelenggaraan pendidikan nasional yang berkepribadian Pancasila dan berkemampuan kompetitif global.