This book aims to explain the questions of what, why, and how in relation to religious moderation. What is religious moderation? Why does it matter? And how to implement it? There are three main parts to answering the aforementioned three questions, namely: Conceptual Study of Religious Moderation, Empirical Experience of Religious Moderation, and the Strategy for Strengthening and Implementing…
Ada gejala yang menarik perhatian, yaitu perkembangan berdirinya pesantren sehingga lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia ini mencapai jumlah ribuan yang tersebar diberbagai kepulauan Indonesia. munculnya pesantren yang begitu subur tersebut memberikan kesan mematahkan dan mementahkan kecenderungan masyarakat global yang mengikuti pola-pola kehidupan modern yang dipengaruhi budaya Barat,…
Salah satu bentuk institusi pendidikan keagamaan Islam di Indonesia adalah pondok pesantren. Institusi ini memiliki sistem pendidikan yang unik sehingga berneda dengan institusi pendidikan keagamaan lainnya, seperti madrasah. Keunikan sistem pendidikan pesantren oleh Abdurrahman Wahid disebut dengan istilah subkultur, sementara Zamakhhsari Dhofier menyebut keunikan sistem pendidikan pesantren i…