Koleksi perpustakaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pengunjung dalam mengunjungi perpustakaan. Koleksi adalah tujuan utama pemustaka untuk datang dan memanfaatkan layanannya. Para pustakawan yang bekerja dalam pengembangan sumber informasinya hendaknya memahami filosofi yang mendasari tugasnya dalam mengembangkan koleksi perpustakaan. Dengan begitu, pustakawan harus mampu mengiku…
Manajemen dan budaya perpustakaan adalah perpaduan yang saling mendukung. Manajemen diarahkan terhadap penerapan fungsi - fungsi dan tujuan manajemen pada semua jenis perpustakaan untuk menghasilkan pencapaian yang optimal terhadap tugas kepustakawanan termasuk kinerja perpustakaan. Budaya perpustakaan lebih fokus terhadap nilai - nilai (unsur budaya universal) yang dikembangkan dalam perpustak…
Buku ini merupakan salah satu buku ajar yang ditujukan untuk menunjang perkuliahan di Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi. Selain itu, buku ajar ini membantu para mahasiswa untuk memahami konsep manajemen perpustakaan secara lebih komprehensif. Namun, ilmu ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa bidang lain yang berminat pada masalah aplikasi teori dalam konteks perpustakaan, para p…
Skripsi ini membahas mengenai jaringan komunikasi organisasi yang terdapat di Perpustakaan Indonesia Raya dalam rangka memberikan layanan informasi. Jaringan komunikasi organisasi tersebut terbentuk karena adanya pertukaran pesan antar peran atau posisi pegawai. Kesimpulannya adalah jaringan komunikasi organisasi di Perpustakaan Indonesia Raya dibangun oleh nilai keterbukaan dan ketulusan melal…
Studi ini membahas pendapat Anggota Dewan terhadap layanan Perpustakaan DPR RI dilihat dari segi fasilitas, koleksi dan staf perpustakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah layanan Perpustakaan DPR RI diterima dengan baik oleh Anggota Dewan. Hasil penelitian menyarankan bahwa Perpustakaan DPR RI masih harus terus berupaya agar kualitas layanan yang ada saat ini dapat terus di…
Perpustakaan DPR merupakan salah satu komponen pendukung kinerja anggota dewan. Seiring berjalannya waktu, perpustakaan dituntut untuk menyediakan layanan informasi yang cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kualitas pelayanan perpustakaan DPR RI, dan untuk mengetahui posisi kualitas pelayanan tersebut dalam Diagram Kartesius.
Penggunaan layanan perpustakaan oleh Peneliti Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) DPR RI tergolong rendah, oleh karena itu dilakukan penelitian untuk melihat penggunaan perpustakaan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-deskriptif.
Pedoman umum pengelolaan perpustakaan ini merupakan panduan sistem dan mekanisme pengelolaan yang meliputi mekanisme pengadaan dan pengolahan data serta pelayanan perpustakaan sebagai media informasi dan sosialisasi kinerja DPR RI sebagai lembaga perundang-undangan kepada masyarakat