Kebijakan pemerintah yang cenderung mengabaikan bahkan merendahkan pesantren menganggap pesantren lembaga pendidikan nonformal, mengatur kurikulumnya, serta adanya praktik yang bersifat diskriminatif terhadap para guru madrasah, dan lain sebagainya menjadi bukti bahwa perlakuan pemerintah terhadap pesantren sama sekali tidak sepadan dengan peran penting dan sumbangsih pesantren kepada negara-ba…
Perkembangan dan perubahan teknologi yang semakin cepat telah mendorong be rkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren modern. Lembaga pendidikan ini tengah menunjukkan eksistensinya dalam mendongkrak perkembangan mutu pendidikan di Indonesia. Hal ini terlihat dari peminat para pelajar Indonesia yang setiap tahunnya semakin meningkat. Namun demikian, lembaga pendidikan Islam…
Pendidikan harus diarahkan agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah (problem solving), beradaptasi (adaptability) dengan perubahan, bekerja secara kolaboratif (collaboration), penguatan jiwa kepemimpinan (leadership), dan memiliki kreativitas serta inovasi (creativity and innovation) dalam proses belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan yang memahami revolusi industri 4.0…
Tradisi pesantren sebagai fondasi dan tiang penyangga paling penting bangunan peradaban Indonesia sejak tahun 1200. Buku ini membahas tradisi pesantren dengan pusat kajiannya pada peranan kyai dalam upaya memelihara dan mengembangkan faham Ahlussunnah wal-Jama’ah di Indonesia. Masa depan peradaban Indonesia modern haruslah bertumpu pada peradaban yang berbudi luhir, yang tingkat keunggulannya…