Strategi komunikasi politik untuk mencapai tujuan komunikasi politik, dijelaskan dalam buku ini bahwa ada tiga dimensi yaitu: merawat ketokohan, memantapkan kelembagaan dan membangun konsensus. Ketiga hal itu tentu berkaitan dengan kinerja dan prestasi serta keberanian, kecerdasan, kejujuran dan kepantasan seorang tokoh dalam membangun konsensus serta membesarkan diri dan lembaganya.
Buku ini memaparkan tentang citra, politik, komunikasi dan tujuan politik pencitraan atau pencitraan politik, dijelaskan juga secara singkat tentang media dan khalayak. Dengan demikian politik pencitraan atau pencitraan politik dalam karya ini dikembangkan dalam studi komunikasi politik yang lahir dari perpaduan antara ilmu komunikasi dengan ilmu politik, yang bersifat sebahadir, multi maknda d…
Aktualisasi pembuatan laporan engagement siaran langsung Youtube TVR Parlemen diharapkan bisa menjadi salah satu bentuk penerapan nilai akuntabel dan Kompeten dari TVR Parlemen sebagai media yang menyiarkan kegiatan dan informasi mengenai Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. Hal ini juga terkait dengan teori Smart ASN, dimana diharapkan laporan berbasis data dari media sosial ini bisa menjadi acu…
Tulisan ini menguraikan tentang dinamika komunikasi politik pada pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Oleh penulis digambarkan bahwa dalam proses pemilihan komunikasi politik menjadi penting bagi setiap bakal calon yang bertarung dalam pilkada tersebut. Komunikasi politik menjadi penting mengingat potensi konflik rentan terjadi di wilayah kabupaten atau kota yang komposisi etnis p…