Perubahan terkait jadwal pelaksanaan pada beberapa tahapan kegiatan aktualisasi yang dijelaskan lebih rinci pada Tabel Matrik Jadwal Kegiatan Aktualisasi di Bab V. Metode reviu video sosialisasi pada rancangan dilaksanakan melalui Google Formulir kemudian link formulir disebarkan di grup Whatsapp Inspektorat Utama, namun pada pelaksanaanya dilakukan secara offline yaitu pertemuan tatap muka den…
Buku ini merupakan kumpulan SOP unit-unit kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI yang telah disetujui pada tahun 2012 dan kemudian ditetapkan dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor 225/SEKJEN/2013 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2012.
Buku ini berisi tentang perkembangan ilmu administrasi negara di negara dunia ketiga yang maju dengan sangat pesat, di samping dibutuhkan untuk membangun performa birokrasi juga dibutuhkan untuk membangun struktur negara bangsa yang lebih efisien dan demokratis. Persoalan-persoalan tentang perkembangan teori dan implementasi Ilmu Adminstrasi Negara di Indonesia mendapatkan ruang yang sangat sep…
Sosialisasi penggunaan fitur baru pada aplikasi SiPenjagaRB merupakan tahap akhir dari tahapan kegiatan jangka pendek untuk aksi perubahan. Sosialisasi diikuti oleh pejabat atau staf di bagian Pengelolaan Kinerja Organisasi dan Reformasi Birokrasi. Dalam tahap ini Project Leader menjelaskan mengenai manfaat dari penggunaan aplikasi ini, yaitu mempermudah dan mempercepat dalam pengisian Lem…
Tujuan penulisan buku ini adalah menyamakan persepsi,visi,misi,tujuan,sasaran,upaya dan langkah-langkah nyata dalam melakukan reformasi birokrasi agar terwujud pemerintahan negara yang bersih,berdayaguna dan berhasilguna; sebagai bahan referensi,bahan perumusan kebijakan dan petunjuk dalam menyusun net working dan bekerjasama dengan para pakar,stake holder dan masyarakat dalam melakukan reormas…
Buku ini merefleksikan pengalaman penulis saat menjadi Wakil Menteri PANRB 2011-2014. Sebagai Menteri PANRB masa itu, saya merasa sangat terbantu dengan pemikiran Pak Eko Prasojo dalam mewujudkan gagasan Reformasi Birokrasi. Sinergi Menteri dan Wakil Menteri menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan RB. Buku ini dapat menjadi inspirasi bagi para penggerak RB di Indonesia. Selamat untuk Pak Eko Pra…
Buku ini disusun dalam dua bagian dasar, yaitu tinjauan teoretis yang terdiri atas enam bab dan studi empiris yang terdiri datas sepuluh bab. Pembahasan mengenai tinjauan teoretis, diawali di bab satu dengan uraian tentang mengapa para ekonom menyadari pentingnya fungsi dan peranan pemerintah dalam kehidupan manusia. Pada bab dua, yang pada intinya implikasi dari perlunya peranan pemerintah ada…
Buku ini memberikan pemahaman menyeluruh dan ringkas tentang sistem, konsep, serta teknik pemantauan dan evaluasi kinerja di sektor publik dan membahas penerapan anggaran berbasis kinerja (performance based budgeting) yang akn dikembangkan di Indonesia dan penerapannya di berbagai negara. Salah satu tantangan pokok pembangunan saat ini dan mendatang adalah reformasi birokrasi. Yaitu menggerakka…
Penerapan reformasi administrasi merupakan sesuatu yang sangat penting dilaksanakan. Untuk mengetahui hasil penerapan reformasi administrasi perlu dilakukan analisis. Sebagai tempat penelitian dipilih Sekretariat Jenderal DPR RI yang baru saja menerapkan reformasi administrasi di lingkungannya. Permasalahan yang terjadi sebelum proses reformasi birokrasi adalah belum adanya budaya kerja di ling…
Pembaruan bukan sekedar kata lain dari reformasi. Pembaruan adalah mengubah DNA organisasi pemerintah sehingga memiliki perilaku inovatif, secara terus menerus memperbaiki kinerjanya tanpa harus didorong dari luar. Pembaruan menciptakan enterpreneur minded dalam organisasi pemerintah yang mendorong pembaruan diri terus menerus. Pembaruan menciptakan organisasi pemerintah yang memiliki sistem pe…
Moratorium penerimaan pegawai baru (CPNS) telah diterapkan pemerintah dalam rangka penghematan anggaran dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) aparatur. Kebijakan pengelolaan SDM aparatur dilaksanakan berdasarkan arah kebijakan dalam Grand Design dan Road Map Reformasi Birokrasi. Tulisan ini untuk mengalisis langkah-langkah dan implikasi yang dilakukan pemerintah dalam menata ulang organisas…
Reformasi birokrasi di lingkungan DPR dalam rangka mendukung anggaran yang berpihak pada rakyat miskin. Selama ini DPR dinilai belum dapat memperjuangkan anggaran yang berpihak kepada masyarakat miskin. Ketidakberpihakan tersebut dapat dilihat dari tiga aspek yaitu aspek penyusunan anggaran, aspek peneriamaan dan aspek pembelanjaan.