Abstrak : Disini dicoba untuk mengajukan argument dan pandangan mengenai metode dan cara berkampanye untuk dapat memenangkan persaingan politik. Bukan hanya semasa pemilu, melainkan dapat memenangkan persaingan politik.
Buku ini menyajikan kegiatan CSR Partai politik di Indonesia dalam rangka membangun pertanggungjawaban sosial partai poltiik, membangun ruang identitas yang mengurai persoaan social branding, citra, dan reputasi Partai politik. Hampir semua hal yang terkait dengan praktik CSR dan PSR partai politik dibahas secara runut di buku ini. Beberapa poin penting yang dibahas antara lain: Hubungan mas…
Dalam menentukan siapa yang bakal memimpin rakyat, mereka punya kebebasan penuh. Sehebat apapun sosok seorang tokoh, jika rakyat tidak menghendaki, hasrat untuk menjadi pemimpin harus rela ia kubur dalam-dalam. Bisa dipastikan yang akan dipilih adalah yang mampu meraup sebanyak-banyaknya simpati rakyat. Hal itu juga berlaku bagi partai politik. Di sinilah Pemasaran Politik menjadi begitu pentin…
Buku ini membahas mengenai bagaimana program BLT digunakan untuk praktik klientelisme dan pembelian suara guna memenangkan pemilu ini menggunakan pengalaman praktik klientelisme dan pembelian suara memakai program CCT di beberapa negara di Amerika Latin sebagai perbandingan kasus untuk menganalisis isu tersebut. Dengan cara ini, diharapkan pembahasan dalam buku ini menjadi lebih utuh dan mendalam.
3 buku
Buku ini menyoroti fenomena baru dalam tata cara kampanye pemilihan umum di Indonesia, yakni digunakannya media iklan dalam mempromosikan tokoh dan partai politik. Isi buku mencakup: Bab I, Iklan Politik Di Era Perubahan. Bab II, Mengatur Iklan, Menyukseskan Pemilu. Bab III, Hujan Iklan Di Bulan Maret. Bab IV, Siap Menang, Siapa Kalah? Bab V, Dipilih: Presiden Di Abad Televisi. Bab VI, Iklan P…
Politisi dan partai politik telah menggunakan media massa sebagai sarana komunikasi politik untuk mencapai tujuan politik tertentu mereka. Selama periode kampanye pemilu legislatif tahun 2004, media massa, baik tercetak atau elektronik, telah memainkan peran strategis dalam menyampaikan pesan politisi dan partai politik untuk pemilih yang berhak. Ada beberapa pertanyaan dasar yang diangkat dala…
Jurnal legislasi Indonesia Vol. 9 No. 4 Desember 2012 membahas topik Pemilu 2014. Berisi artikel-artikel ilmiah: Partai politk dan demokrasi Indonesia menyongsong pemilihan umum 2014 oleh Munafrizal Manan; Pemilihan Umum tahun 2014: Pemilih rasional dan pemilih irrasional oleh Andi Subri; Kewajiban verifikasi parpol pasca putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 52/PUU-X/2012 oleh Mualimin Abdi, dan a…