Buku ini merupakan kumpulan ide dan solusi dari para praktisi pendidikan yang tersurat mengenai potret pendidikan bangsa di era otonomi daerah untuk dapat dijadikan sebagai benang merah atas kebijakan-kebijakan pendidikan di Indonesia.
Isi buku ini menerangkan mulai dari pengertian dan jenis penerjemahan, model-model dari proses, masalah kesepadanan dalam penerjemahan, pendekatan dan metode penerjemahan, unit penerjemahan dan analisis makna, jenis dan ragam teks dalam penerjemahan, tes dan penilaiandalam penerjemahan, pengajaran penerjamahan, hingga kedudukan dan kaitan penerjemahan dengan pengajaran bahasa.
Pendidikan sebagai gejala sosial dalam kehidupan berkaitan erat dengan masalah individual, sosial, dan kultural. Dengan penerapan otonomi bidang pendidikan, otomatis terjadi perubahan pengelolaan pendidikan dari yang bersifat sentralistik menjadi desentralistik. Hal itu tentu memunculkan problematika yang sangat beragam. Untuk memecahkan problematika tersebut diperlukan metode yang khusus digun…
Melalui buku ini pembaca akan menemukan sejumlah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu dan sejumlah materi lainnya yang dibutuhkan dalam memahami teori dan pengajaran penerjemahan. Buku ini dapat dibaca oleh para mahasiswa-mahasiswi khususnya yang tengah menempuh pendidikan diprogram studi pendidikan bahasa dan program studi linguistik terapan baik ditingkat S1, S2 maupun S3