Koleksi Elektronik
Implementasi Mekanisme Komplain terhadap Pelayanan Publik Berbasis Partisipasi Masyarakat
Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman Pattiro memfasilitasi implementasi mekanisme komplain terhadap pelayanan publik di tiga kota di Pulau Jawa, dua kabupaten di Pulau Sulawesi dan satu Kabupaten di Pulau Lombok. Implementasi mekanisme komplain terhadap pelayanan publik yang dikembangkan Pattiro antara dengan melakukan advokasi kebijakan berupa Raperda Pelayanan Publik; kedua, memfasilitasi pemerintah daerah untuk melakukan institusionalisasi mekanisme komplain di instansi penyelenggara pelayanan publik; dan ketiga, memfasilitasi pengorganisasian masyarakat di tingkat komunitas agar lebih mampu terlibat dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Para stakeholder di keenam daerah mengakui arti penting mekanisme komplain serta keterlibatan masyarakat sipil dalam penyelenggaraan pelayanan publik bahkan perumusan kebijakan di daerah.
Tidak tersedia versi lain