Buku ini membahas tentang undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masalah-masalah yang terkait langsung atau tidak langsung dengan perlindungan konsumen juga dibahas pada buku ini.
Salah satu tugas hukum hukum, khsususnya dibidang ekonomi adalah menciptakan keseimbangan kepentingan-kepentingan diantara konsumen, pengusaha, masyarakat dan pemerintah. Buku ini menyajikan beberapa substansi dari living law hukum kartu kredit dan perlindungan konsumen yang meliputi pembayaran dengan kartu kredit, hukum kartu kredit, penyelesaian konflik, kartu kredit dalam hukum perlindungan …
Sebagai sasaran utama dari para produsen, konsumen berada pada posisi rentan untuk mengalami ketidakadilan dan manipulasi dalam relasi produsen-konsumen. Bahkan teknik promosi dan advertising menyebabkan tak jarang konsumen tanpa sadar membeli produk-produk secara tidak rasional atau dilanggar hak-haknya. Karena itu, dibutuhkan seperangkat aturan dan regulasi yang bisa membela hak-hak konsumen …
Buku ini menguraikan secara komprehensif berbagai hal yang melandasi kegiatan bisnis yang sehat dimana keseimbangan perlindungan hukum antara konsumen dan produsen tercipta. Pembahasan diawali dengan memberikan batasan-bataasan mengenai istilah-istilah dalam hukum perlindungan konsumen dan hubungan hukum antara produsen dan konsumen.
Buku ini membahas tentang undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masalah-masalah yang terkait langsung atau yidak langsung juga dibahas pada buku ini.
Konsumen adalah entitas yang mudah berubah. Keinginan mereka tak selalu dalam garis lurus, kadang berbelok dengan amat cepat. Untuk itu diperlukanlah suatu studi tentang perilaku konsumen agar segala gerak mereka mudah diantisipasi. Dalam buku ini, pemasar akan dapat mempelajari keinginan, persepsi, preferensi, dan perilaku konsumen serta menyiapkan kebijakan, seperti produk berciri tertentu, h…
Tujuan utama buku ini adalah memberi mahasiswa pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk menganalisis konsumen, yang dapat juga dipergunakan untuk memahami pasar dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Adapun penjelasan yang ada di buku ini mengenai enam konsep penting dalam metode riset bidang konsumen jasa, yaitu konsep jasa, manajemen pemasaran jasa, kualitas, lokasi dan letak jasa, konsep prilaku konsumen, konsep riset konsumen jasa, serta sikap dan etika riset.
Buku ini membahas tentang perkembangan teori tanggung jawab produk menuju pembentukan tanggung jawab mutlak, prinsip tanggung jawab produk dalam hukum perlindungan konsumen di Indonesia, pengalihan risiko gugatan konsumen melalui mekanisme asuransi tanggung jawab produk, pemikiran tentang penerapan prinsip tanggung jawab mutlak masa depan di Indonesia.
Sejumlah kejahatan perbankan beberapa kali terjadi, dan seringkali menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Karenanya, dibutuhkan perlindungan hukum bagi korban kejahatan tersebut. Buku “Politik Hukum Pidana” mengupas tentang perlindungan korban kejahatan ekonomi di bidang perbankan dalam perspektif bank sebagai pelaku.
Pelayanan prima bertitik tolak pada usaha-usaha yang dilakukan perusahaan untuk melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang atau jasa. Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, baik p…
Dalam penyelesaian sengketa konsumen beban pembuktian yang dianut adalah pembalikan beban pembuktian. Pembalikan beban pembuktian ini bertujuan memberikan keadilan bagi konsumen, karena dengan pemberlakukan pembalikan beban pembuktian maka kemungkinan untuk menang dalam penyelesaian sengketanya akan lebih seimbang. Hal ini dapat membuat konsumen lebih aktif membela kepentingan-kepentingan yang …
Buku ini membahas tentang teori, aturan hukum, dan praktik pengawasan serta pe nyelesaian sengketa pencantuman klausula baku di Indonesia. Buku ini berisi pencantuman klaus ula baku dalam berbagai perjanjian yang melahirkan ketidakadilan bagi konsumen. Pembahasan dalam buku ini bermanfaat bagi konsumen, pelaku usaha, dan lembaga-lembaga yang terkait. Buku ini terkait dengan perlindungan konsume…
Perubahan perilaku konsumen yang supercepat dan superdrastis di masa pandemi Covid-19 tentu menimbulkan guncangan tak hanya bagi konsumen, tapi juga bagi para marketers. Dengan perubahan tersebut, setiap marketer akan menghadapi the whole new world: gaya hidup (consumer lifestyle) yang sama sekali baru; preferensi, prioritas dan pola pengembalian keputusan pembelian yang sama sekali baru; dan a…
Buku ini turut membantu menanamkan kesadaran hak dan perlindungan hukum bagi konsumen. Pasal-pasal yang diuraikan dalam buku ini, berikut penjelasannya, akan mudah di cerna pembaca, baik dari kalangan akademis, profesional, LSM, organisasi sosial maupun masyarakat umum.
Konsep pertanggungjawaban pidana terhadap korporasi merupakan konsep baru dalam lingkungan Hukum Pidana. Tindak pidana korporasi lazim digunakan pada persoalan Hukum Pidana di dunia internasional. Tindak pidana berkaitan dengan pembebasan pertanggungjawaban pidana terhadap korporasi. Melalui buku ini diharapkan dapat menjadi panduan bagi para pihak penegak hukum : Kepolisian dalam melakukan pe…