Buku ini membahas tentang kurikulum berbasis standard, dan dalam buku ini memberikan contoh dan model program-program, diskusi atas pertanyaan, sebuah contoh kurikulum interdisipliner yang lengkap dan usulan aktivitas yang dapat di gunakan untuk membangun kurikulum integrative yang berbasis standard.
KTSP merupakan bentuk operasional kurikulum dalam konteks desenralisasi pendidikan dan otonomi daerah. Penyusunan kurikulum ini melibatkan guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan dean pendidikan. Keterlibatan pihak-pihak tersebut dalam pengembangan kurikulum berdasarkan self determain theory dapat membangkitkan gairah dan rasa memiliki yang lebih tinggi, serta tanggung jawab yang lebih besa…
Buku "Manajemen Landasan Pendidikan" ini sarat dengan konsep dan fakta sosial yang terjadi dalam kehidupan. Pengelolaan yayasan pendidikan digunakan dalam yayasan pendidikan yang ideal, dan seluruh yayasan pendidikan dikelola dengan nilai-nilai kehidupan manusia. Pengetahuan ini hanya dapat diselesaikan melalui pendidikan dan digunakan sebagai dasar keberadaan pendidikan, tanpa swakelola, kepem…
Buku ini mengulas 15 bab yang berkaitan dengan bagaimana kurikulum dalam konteks pendidikan
Kajian ini berbasais pada hasil pemerisakaan BPK RI atas pelaksanaan peningkatan kualitas pembelajaran ang dilakukan melalui penjaminan mutu pendidikan dan implementasi kurikulum 2013 dalam mewujudkan wajib belajar 12 rahun pada kementerian pendidikan dan kebudayaan dan 48 pemerintah daerah, meliputi: 9 pemerintah provinsi, 31 pemerintah kabupaten dan 8 pemerintah kota. penjaminan mutu pendidik…
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan volume 17 No. 5 September 2011. Artikel-artikel: Kemampuan tim pengembang kurikulum merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian yang mengembangkan ketrampilan berpikir kompleks (survai terhadap TPK di 4 Kabupaten) oleh Mutiara O. Panjaitan; Rintisan pengembangan pendidikan karaker di satuan pendidikan oleh Sutjipto; Teknik pola bilangan dan hasil belajar oper…
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Pengaruh supervisi kunjungan kelas oleh kepala sekolah dan kompesasi terhadap kinerja guru SD negeri di Kecamatan Sukoharjo oleh Soebagyo Brotosedjati; Kemampuan guru dalam menyusun kurikulum tingkat satuan pendidikan oleh Herry Widyastono; Potensi TIK dalam meningkatkan daya tampung LPTK bagi guru dalam jabatan di Sulawesi Selatan oleh Simon Sili Sabon.
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 18 No. 1, Januari 2012. Quo vadis praksis evaluasi kurikulum: Studi pendahuluan terhadap ranah kurikulumyang terlupakan oleh Al Musanna; Analisis-kritis perlunya perubahan kebijakan terhadap pelabelan mata pelajaran dalam kurikulum sekolah oleh Hermana Somantrie; Dimensi pembangunan karakter dan strategi pendidikan oleh Bambang Indriyanto.
Pemerintah ingin mengevaluasi kurikulum pendidikan nasional, khususnya jenjang SD hingga SMA. Kurikulum sekolah dapat saja diubah dan dikembangkan sesuai dinamika zaman. Karenanya bukan hal luar biasa jika kurikulum tingkat satuan pendidikan diganti oleh kurikulum 2013. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional apakah tidak lebih urgen untuk membereskan dulu persoalan-persoalan strategis yang…
Kurikulum dan pembelajaran, keduanya tidak dapat dipisahkan. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman yang memberikan arah dan tujuan pendidikan sedangkan pembelajaran merupakan proses yang terjadi dalam interaksi proses belajar mengajar antara guru dan siswa.
Buku ini disusun Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat (PIH) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berisi sejumlah pertanyaan dan opini yang berkembang di tengah masyarakat mengenai Kurikulum 2013. Buku ini disiapkan sebagai pelaksanaan hak jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada publik, disampaikan agar diperoleh pemahaman yang sama mengenai tujuan dan sasaran Kurikulum 2013. Untu…
Buku ini memaparkan pemahaman atas hakekat dan harkat kurikulum sehingga para guru dapat mendisain kurikulum secara benar.Dengan demikian para guru bukan saja terlatih menyusun kurikulum secara valid tapi juga terlatih mengembangkan alat-alat kelengkapan kurikulum itu, seperti analisa soal untuk melengkapi proses evaluasi belajar.
Buku ini memaparkan secara komprehensif kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yang mulai berlaku seiring terbitnya Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. Bagian pertama menjelaskan latar pengembangan kurikulum dimulai dari dasar, landasan, desain, proses dan prinsip serta model pengembangan kurikulum. Bagian kedua merupakan substansi inti pembahasan yaitu pengembangan kurikulum tingkat sa…