Buku ini merupakan salah satu referensi penting yang dapat dijadikan acuan mata kuliah pengelolaan pendidikan. Terdiri dari tiga belas bab pembahasan berisi mengenai bagaimana administrasi pendidikan berkembang dari masa ke masa, pelaku pendidikan berbuat dan bertindak, mengarahkan dan membimbing siapa saja dalam melaksanakan tugas-tugas pendidikan.
Dalam mewujudkan kualitas pendidikan atau pembelajaran bermutu, pemahaman peran, fungsi, dan tanggung jawab supervisor menjadi strategis, kemandirian belajar dan mengajar, serta daya suai (adapting abilities) guru perlu pengontrolan dan bimbingan seorang supervisor. Untuk itu, buku Supervisi Pendidikan: Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah menjadi penting untuk disimak. Buku ini…
Buku ini menjelaskan konsep dasar yang terkandung dalam manajemen pendidikan yang diawali dengan membahas: tinjauan permasalahan sekitar pendidikan, aplikasi delapan dimensi administrasi pendidikan, kepemimpinan dalam manajemen pendidikan, strategi dan pendidikan, pengambilan keputusan dalam pendidikan, perencanaan dalam pendidikan. Selanjutnya dibahas mengenai model dalam manajemen, pengembang…
Pendidikn sebagai ujung tombak dalam proses pembangunan bangsa menempati posisi yang sangat strategis. Namun demikian, berbagai tantangan dan kendala dihadapi oleh dunia pendidikan, semakin hari semakin meningkat. Pendidikan yang bermutu, relevan, efektif dan efisien menjadi dambaan setiap pengelola pendidikan. Pendidikan juga dihadapkan pada berbagai tantangan sebagai akibat dari kemajuan ilmu…
Sarana pendidikan adalah segala fasilitas yang secara langsung digunakan dalam proses belajar mengajar, baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak dengan tujuan agar pencapaian dari pendidikan dapat berjalan dengan lancar,teratur,efektif dan efisien. Manajemen sarana dan prasarana pendidikan adalah proses pengadaan dan pendayagunaan komponen-komponen yang secara langsung maupun tidak langsun…
Buku ini berupaya mendekatkan konsep-konsep supervisi pendidikan dengan sistem desentralisasi yang sedang berjalan, sebagai supervisi kontekstual. Dalam buku ini diuraikan pengertian supervisi terutama yang menyangkut supervisi kontekstual. Rincian uraian antara lain: (1) Posisi Kepala Sekolah dan Masalah Supervisi, (2) Supervisor, (3) Perkembangan Supervisi, (4) Teknik Supervisi yang sering di…
Buku ini membahas pelaksanaan kebijakan dalam rangka perbaikan dan pengembangan sistem pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan. Sasaran utama adalah para pelaksana kebijakan pada tingkat organisasi paling rendah, yaitu guru,dosen,pamong belajar atau tutor. Model pembaruan pendidikan dapat dikelompokkan ke dalam dua model, yaitu top-down model dan bottom-up model.