Buku ini membahas tentang undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masalah-masalah yang terkait langsung atau tidak langsung dengan perlindungan konsumen juga dibahas pada buku ini.
Salah satu tugas hukum hukum, khsususnya dibidang ekonomi adalah menciptakan keseimbangan kepentingan-kepentingan diantara konsumen, pengusaha, masyarakat dan pemerintah. Buku ini menyajikan beberapa substansi dari living law hukum kartu kredit dan perlindungan konsumen yang meliputi pembayaran dengan kartu kredit, hukum kartu kredit, penyelesaian konflik, kartu kredit dalam hukum perlindungan …
Sebagai sasaran utama dari para produsen, konsumen berada pada posisi rentan untuk mengalami ketidakadilan dan manipulasi dalam relasi produsen-konsumen. Bahkan teknik promosi dan advertising menyebabkan tak jarang konsumen tanpa sadar membeli produk-produk secara tidak rasional atau dilanggar hak-haknya. Karena itu, dibutuhkan seperangkat aturan dan regulasi yang bisa membela hak-hak konsumen …
Buku ini membahas tentang undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Masalah-masalah yang terkait langsung atau yidak langsung juga dibahas pada buku ini.
Buku ini membahas tentang perkembangan teori tanggung jawab produk menuju pembentukan tanggung jawab mutlak, prinsip tanggung jawab produk dalam hukum perlindungan konsumen di Indonesia, pengalihan risiko gugatan konsumen melalui mekanisme asuransi tanggung jawab produk, pemikiran tentang penerapan prinsip tanggung jawab mutlak masa depan di Indonesia.
Buku ini menggambarkan berbagai permasalahan yang timbul dalam transaksi di dunia maya atau dunia siber dan sekalian memberikan solusi bagaimana sebaiknya memberikan perlindungan konsumen dalam transaksi perniagaan elektronik. Pembahasan buku ini meliputi : Beberapa prinsip perlindungan hak konsumen dalam E-commerce; Regulasi perlindungan konsumen dalam E-commerce; Perlindungan konsumen E-comme…
Penyelenggaraan jasa pelayanan pos oleh PT Posindo yang telah meredusir risiko sebagai akibat inheren pada penyelenggaraan jasa pelayanan pos kepada PT Asuransi Binagriya Upakara berkaitan dengan keterlambatan, kerusakan dan kehilangan barang yang dikirimkan oleh konsumen yang menggunakan jasa PT Posindo memerlukan pengkajian lebih lanjut dalam kaitannya dengan aspek perlindungan konsumen. Untu…
Tulisan ini menekankan pada maraknya pencurian pulsa melalui SMS. Kondisi ini merupakan bukti kurang terlindunginya hak konsumen dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa. Hukum perlindungan konsumen menjadi penting karena konsumen selain memiliki hak-hak yang bersifat spesifik. Regulasi yang tidak tegas merupakan salah satu penyebab kurang terjaminnya perlindungan hukum terhadap konsumen penggun…
Undang-Undang ini disahkan dan diundangkan di Jakarta tanggal 20 April 1999 dalam Lembaran Negara No. 42 dan Tambahan Lembaran Negara No. 3821 merupakan undang-undang mengenai Perlindungan Konsumen, Pembangunan nasional pada era globalisasi harus dapat mendukung tumbuhnya dunia usaha sehingga mampu menghasilkan beraneka barang dan jasa yang memiliki kandungan teknologi yang dapat meningkatkan …
Buku ini menyajikan secara keseluruhan perangkat pengaturan penyelesaian sengketa perlindungan konsumen berdasarkan Undang-undang perlindungan konsumen,; analisa kesesuaiannya dengan tujuan pembentukannya; serta sikap Mahkamah Agung atau peradilan dalam memberikan perlindungan kepada konsumen dan menjembatani kendala yuridis dalam pengimplementasiannya.
Buku ini turut membantu menanamkan kesadaran hak dan perlindungan hukum bagi konsumen. Pasal-pasal yang diuraikan dalam buku ini, berikut penjelasannya, akan mudah dicerna pembaca, baik dari kalangan akademis, profesional, lsm, organisasi sosial maupun masyarakat umum.