Perencanaan strategis disusun untuk menjawab tiga pertanyaan kunci: 1. Kita ada dimana,2.Kita mau kemana dan kapan akan tiba,3. Bagaimana mencapainya. Renstra tidak hanya memberikan gambaran analisis situasi dan posisi untuk mengetahui kekuatan-kelemahan internal yang dimiliki sekaligus peluang-ancaman eksternal,namun pula menjadi sarana untuk menetapkan tujuan yang akan diraih,serta kebijakan …
Ketika organisasi pelayanan kesehatan abad ke 21 berjuang untuk mencapai efisiensi sumber yang lebih besar tanpa mengorbankan kualitas perawatan, manajemen pelayanan kesehatan menonjolkan sesuai kebutuhan, bacaan untuk manajer pelayanan kesehatan. Pada bagian 1 buku ini mencakup empat topik berbeda, tetapi terkait, bab 1 menceritakan riwayat perilaku organisasi dan kepentingannya pad manajer pe…
Buku ini membahas mengenai berbagai topik tentang kiat-kiat pengembangan mutu pelayanan kesehatan, antara lain kriteria mutu pelayanan kesehatan sebagai jasa, prinsip program pengembangan jaminan mutu pelayanan kesehatan, konsep dan sejarah perkembangan manajemen mutu, rencana strategis pengembangan mutu pelayanan, analisis mutu pelayanan dengan pendekatan sistem standar dan indikator kinerja p…
Buku ini terdiri atas 7 Bab antara lain membahas tentang konsep dasar administrasi kesehatan masyarakat, pembangunan dan pengelolaan kesehatan di Indonesia, sistem manajemen puskesmas, mutu pelayanan kesehatan, peran dan fungsi rekam medis serta kepemimpinan
Buku ini memberikan pemahaman tentang bagaimana melaksanakan penjaminan mutu dalam pelayanan kesehatan dan akseptabilitasnya. Isi yang disajikan mencakup konsep mutu dan penjaminan mutu, konsep mutu dalam pelayanan kesehatan, beberapa pendekatan dalam penjaminan mutu pelayanan, pemecahan masalah dalam penjaminan mutu pelayanan kesehatan, serta dilengkapi dengan pemanfaatan data dalam penjaminan…
Buku ini disusun untuk memberikan bekal pengetahuan dan juga landasan untuk melaksanakan pengelolaan risiko dan hal ini juga sesuai dengan Permenkes No. 11 tahun 2017.
Buku ini disusun untuk membantu para praktisi kesehatan dalam pemahaman akan mutu pelayanan kesehatan dan acuan yang sederhana untuk mulai menerapkan manajemen mutu pada lembaga pelayanan kesehatan tempat bekerja, serta untuk mahasiswa yang mengambil jurusan bidang kesehatan, seperti kedokteran, kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, keperawatan, serta kebidanan.
Buku ini disusun dengan berbagai argumen yang melatarbelakangi pengaturan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai salah satu program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Karena JKN masih pada tahap awal sekali, maka dalam buku ini pembaca diajak untuk melihat jauh ke depan dimana kita harus memperbaiki berbagai hal dalam JKN untuk memungkinkan penduduk Indonesia bersaing dan hidup produktif. …
Buku ini menyajikan bahasan tentang akses pelayanan kesehatan dari berbagai sudut pandang, baik teori, dan hasil penelitian. Pada saat ini, jarang sekali buku yang ditulis lengkap untuk membahas akses pelayanan kesehatan. Dalam buku ini, pembaca dapat menemukan berbagai teori akses pelayanan kesehatan, mulai dari teori ekonomi yang dikembangkan oleh pakar perilaku kesehatan sampai dengan teori …
Are you being served? present and evaluates tools and techniques to measure service delivery and increase quality in health and education. The authors highlight field experience in deploying these methods through a series of case studies from 12 countries around the world. Better measurement of service delivery can create greater accountability and better governance.
Bahasan dalam buku ini tidak akan mengkaji perubahan status kesehatan masyarakat sebagai dampak dari kebijakan desentralisasi. Tetapi dibahas perubahan peran pemerintah di fungsi penetapan kebijakan dan regulasi, fungsi pembiayaan, dan fungsi pemberian pelayanan.