Buku ini memuat Konsep Dasar Perpustakaan Elektronik (e-library), Komponen Perpustakaan Elektronik (e-library), Dasar-Dasar Sistem Informasi Perpustakaan Elektronik, Automasi Perpustakaan dalam Perpustakaan Elektronik, Metadata MARC dalam Jaringan Informasi, Kerjasama Resource Sharing, Pemanfaatan Internet pada Perpustakaan Elektronik, Pengembangan Koleksi Sumber Daya Elektronik, Organisasi Inf…
pada praktiknya penyusunan LAKIP mengalami kendala dalam pendataaan target dan hasil kinerja. teruama saat terjadi mutasi pejabat dan pegawai yang berwenang dalam menyusun indikator konerja di unit kerja yang bersangkutan. unit kerja mengalami kesulitan dalam menerjemahkan target kinerja yang telah disusun. bedasarkan hal tersebut maka perlu disusun kamus indikator yang berfungsi sebagai penje…
Buku ini merupakan kumpulan SOP unit-unit kerja di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR RI yang telah disetujui pada tahun 2012 dan kemudian ditetapkan dengan Keputusan Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor 225/SEKJEN/2013 tentang Penetapan Standar Operasional Prosedur (SOP) di Lingkungan Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Tahun 2012.
Buku ini mengulas topik-topik seperti "Memahami dimensi dan dinamika layanan", "Merancang dan menyampaikan layanan", "Mengukur dan mengelola kualitas layanan", "Menyelaraskan permintaan dan penawaran layanan", dan "Mengelola dan mengukur kepuasan pelanggan". Oleh karena itu, buku ini relevan dan bermanfaat sebagai acuan bagi para praktisi dan akademisi yang menyadari pentingnya upaya membangun …
Perencanaan strategis disusun untuk menjawab tiga pertanyaan kunci: 1. Kita ada dimana,2.Kita mau kemana dan kapan akan tiba,3. Bagaimana mencapainya. Renstra tidak hanya memberikan gambaran analisis situasi dan posisi untuk mengetahui kekuatan-kelemahan internal yang dimiliki sekaligus peluang-ancaman eksternal,namun pula menjadi sarana untuk menetapkan tujuan yang akan diraih,serta kebijakan …
Menyadari pentingnya nilai sebuah layanan prima kepada pelanggan dan meningkatnya tuntutan pelanggan terhadap layanan perusahaan semangkin membuat perusahaan harus mengembangkan bisnis pada manajemen hubungan pelanggan yang baik. Dalam dunia bisnis, sikap melayani sangat diperlukan untuk perbaikan kinerja front line staff merupakan krieria individual, di mana secara fungsionl berimplikasi pada …
Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang service, Rizal Badudu mengupas pelayanan prima berbagai perusahaan di Indonesia, seperti yang dilakukan Blue Bird Group, Bank BCA, Group 21, dan Saung Angklung Udjo. Didalamnya kita bisa memetik pengalaman berharga tentang bagaimana menjadikan pelayanan prima sebagai budaya perusahaan.
Buku Maklumat dan Standar Pelayanan di Lingkungan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia sebagai sistem pendukung Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Setjen dan BK DPR RI) senantiasa berupaya dan berinovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi DPR RI …
Ketika organisasi pelayanan kesehatan abad ke 21 berjuang untuk mencapai efisiensi sumber yang lebih besar tanpa mengorbankan kualitas perawatan, manajemen pelayanan kesehatan menonjolkan sesuai kebutuhan, bacaan untuk manajer pelayanan kesehatan. Pada bagian 1 buku ini mencakup empat topik berbeda, tetapi terkait, bab 1 menceritakan riwayat perilaku organisasi dan kepentingannya pad manajer pe…
Buku ini membahas mengenai berbagai topik tentang kiat-kiat pengembangan mutu pelayanan kesehatan, antara lain kriteria mutu pelayanan kesehatan sebagai jasa, prinsip program pengembangan jaminan mutu pelayanan kesehatan, konsep dan sejarah perkembangan manajemen mutu, rencana strategis pengembangan mutu pelayanan, analisis mutu pelayanan dengan pendekatan sistem standar dan indikator kinerja p…
Buku yang berjudul "Keuangan Daerah dan Pelayanan Publik dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masayarakat" ini salah satunya ditujukan untuk memberikan catatan-catatan penting yang harus diperhatikan dalam pengalokasian dan pengelolaan keuangan daerah bagi pembangunan daerah khususnya dan nasional pada umumnya. Dalam buku ini tidak saja diberikan analisis terhadap berbagai aspek dan pandangan…
Objek pembahasan pada buku ini yaitu psikologi perpustakaan. sehingga pengertian psikologi perpustakaan yang perlu dapat dipahami dalam buku ini adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang jiwa manusia (pustakawan dan user) baik sifat ataupun perilakunya sebagai pelaku utama dalam kegiatan perpustakaan dan karakter bahan pustaka sebagai objek pendukung. Buku tentang psikologi perpustakaan karya …
Keprotokolan merupakan elemen penting dalam memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan pemerintahan, terutama dalam mendukung fungsi pimpinan lembaga negara seperti MPR RI. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan langkah-langkah strategis dalam peningkatan pelayanan keprotokolan di lingkungan Sekretariat Jenderal MPR RI. Fokus utama penelitian ini adalah pada penyusuna…
Sosialisasi penggunaan fitur baru pada aplikasi SiPenjagaRB merupakan tahap akhir dari tahapan kegiatan jangka pendek untuk aksi perubahan. Sosialisasi diikuti oleh pejabat atau staf di bagian Pengelolaan Kinerja Organisasi dan Reformasi Birokrasi. Dalam tahap ini Project Leader menjelaskan mengenai manfaat dari penggunaan aplikasi ini, yaitu mempermudah dan mempercepat dalam pengisian Lem…
Dengan pemilihan isu ini dapat memberikan dampak terhadap peningkatan jumlah koleksi repositori DPR RI. Percepatan pengembangan dapat terlihat, hal ini ditunjukan saat ini jumlah koleksi sudah berada pada angka 503 koleksi.
Kegiatan aktualisasi yang dijalankan penulis merupakan fasilitas bagi penulis untuk menghabituasikan nilai – nilai dasar ASN. Isu yang diangkat oleh penulis adalah “KURANG OPTIMALNYA DOKUMENTASI KEGIATAN AUDITOR INSPEKTORAT UTAMA DALAM KEGIATAN PENGAWASAN”. Berdasarkan isu tersebut, penulis mengusung kegiatan aktualisasi “OPTIMALISASI SOSIALISASI PELAYANAN INSPEKTORAT UTAMA DI SEKRETARI…
Buku ini mengupas secara komprehensif tentang bagaimana menciptakan pelayanan publik yang baik dan berkualitas yang berorientasi pada masyarakat. Pelayanan yang baik akan berimplikasi terhadap kepuasan masyarakat, sehingga partisipasi aktif dan kerja sama yang baik antara masyarakat dengan pemerintah dapat terjalin dengan baik. Jika konektivitas dan partisipatif sudah terbangun secara sistemati…
Pada dasarnya setiap manusia membutuhkan pelayanan. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, setiap warga negara juga membutuhkan pelayanan dari pemerintah atau birokrat sebagai pengendali kekuasaan yang dinamakan pelayanan publik (public service). Dengan kebijakan-kebijakan yang diambil dan ditelorkan oleh pemerintah mereka terhadap semua keinginan dalam segala segi dapat terpenuhi …
Pelayanan prima bertitik tolak pada usaha-usaha yang dilakukan perusahaan untuk melayani pembeli (pelanggan) dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, baik yang berupa produk barang atau jasa. Pelayanan prima adalah pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan untuk memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan, baik p…